Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara ampuh merubah tema BBM untuk Android

aplikasihpandroid.com - Selamat malam sahabat Droid jumpa lagi dengan saya. Nah berhubung saya senang sekali memodifikasi Smartphone yang pada saat ini lagi ngetren-ngetrennya di semua kalangan baik dari kalangan pengusaha sampai anak-anak jaman sekarang, sebenarnya bukan kesenangan sih melainkan sudah menjadi hoby tersendiri, dengan demikian pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas mengenai “Cara ampuh merubah tema BBM untuk android”.


I. Apa itu BBM?

Siapa yang tidak kenal kengan aplikasi yang satu ini, BBM adalah salah satu aplikasi keluaran Platform yang sangat terkenal yaitu BlackBerry. BlackBerry Messenger (BBM) menggunakan PIN berbasis internet instant messenger dan video telephone aplikasi proprietary disertakan pada perangkat BlackBerry yang memungkinkan anda melakukan pengiriman pesan dan voicecalls antara BlackBerry, Windows Phone, Android dan pengguna iOS

Selain itu juga pengguna BBM juga dapat menggunakan videocalling sebagai alat komunikasi. BBM ini dikembangkan oleh produsen BlackBerry, BlackBerry Limited (sebelumnya dikenal sebagai Research In Motion Limited (RIM)). Pesan yang dikirim melalui BlackBerry Messenger melalui Internet dan menggunakan sistem PIN BlackBerry.
Cara ampuh merubah tema BBM untuk Android
Welcome to BBM
II. Perbedaan BBM pada Blackberry dengan Android



Sebelumnya BBM (BlackBerry Meseger) hanya dapat di terapkan pada handphone cerdas dengan label Blackberry saja, namun pada saat ini BBM juga dapat dirasakan oleh kalangan pengguna ponsel cerdas (Smartphone) berbasis Android maupun iOS. Namun pastinya BBM pada Blackberry dan Android memiliki perbedaan yang menonjol. Pada Blackberry, user mampu mengganti tema BBM dengan mudah sesuai dengan selera mereka. Beda halnya pada Android, tidak semudah pada BlackBerry. Mengapa demikian? Ya jelas semua itu di karenakan memang standarnya penggunaan Android hanya di sediakan pada aplikasi BBMdengan tema tampilan standarnya berwarna putih, selain itu juga BBM masih dalam pengembangan. Kedepannya mungkin Aplikasi BBM pada Smartphone lebih baik di bandingkan dengan yang ada pada Blackberry.


III. Persiapan sebelum merubah tema BBM



Sebelum pada tahap inti yaitu tahap merubah tema BBM untuk android silahkan siapkan terlebih dahulu bahan-bahan serta hal-hal yang harus di lakukan dalam tahap ini simak penjelasan berikut ini. Yang perlu di perhatikan sebelum merubah tema BBM pada perangkat smartphone yaitu :
  1. Aplikasi BBM sebelumnya yang sudah Anda install pada Android silahkan di hapus atau di uninstall terlebih dahulu, namun pastikan sebelum anda melakukan uninstall anda masih mengingat E-mail serta Password akun BBM anda agar tak perlu lagi merubah pin serta kontak yang sudah ada.
  2. Download terlebih dahulu master BBM yang telah di modif. Di sini saya menggunakan BBM mod batik. Link ada di bawah postingan.
  3. Tahap kedua yaitu, silahkan Anda download terlebih dahulu aplikasi editornya fungsinya yaitu untuk merubah tema pada BBM yang akan kita rubah. Link download ada di bawah postingan ini.
  4. Siapkan terlebih dahulu, 3 gambar yang berektensi .PNG dengan resolusi yang sama pada Smartphone anda agar tampilannya terlihat dengan sempurna. Selain itu untuk memudahkan anda dalam perubahan tema silahkan anda rename gambar tersebut denga nama back_chat.png, back_slide.png, back_main.png
  5. Jika Anda ingin melakukan modifikasi via PC , Laptop atau Notebook. Pastikan dalam PC, Laptop atau Notebook tersebut sudah terdapat aplikasi WinRar.

Jika ke-5 hal diatas telah anda penuhi, silahkan anda menuju ke langkah berikutnya yaitu melakukan pemodifikasian. Namun sebelumnya, ada 2 cara yang bisa anda terapkan untuk dapat mengedit background BBM Android anda yakni dengan menggunakan Komputer dan langsung pada Smartphone anda. Namun pada kesempatan kali ini saya akan memberikan cara–cara modifikasi via Smartphone karena akan lebih praktis dan cepat. Untuk via PC, Laptop atau Notebook silahkan anda tunggu terlebih dahulu karena sedang dalam persiapan pembuatan artikel. Sabar ya. :P


IV. Tahap Akhir Merubah Tema BBM pada Android



Setelah tahap-tahap di atas sudah terpenuhi selanjutnya kita melakukan perubahan tema BBM pada Android. Simak dengan benar tutorial di bawah ini :
  1. Download master BBM modif + Editor Apk seperti diatas lalu letakkan pada Sd Card.
  2. Buka aplikasi editor yang sudah di download tadi dan jalankan master Aplikasi BBM Modif. Pilih folder ‘drawable’.
  3. Kemudian anda akan mendapatkan gambar – gambar dengan nama “back_chat.png”, “back_main.png”, dan “back_slide.png”. Ketiga file tersebut adalah file yang akan diganti dengan gambar yang sudah kita pilih dan sudah kita rename sebelumnya.
  4. Setelah itu, untuk dapat merubah gambar anda hanya perlu menekan dan menahan gambar tersebut lalu akan muncul pilihan menu ‘replace’, anda bisa me-replace ketiga gambar tersebut satu persatu. Tunggu hingga prosesnya selesai.
  5. Jika sudah selesai, silahkan anda keluar dari folder tersebut hingga lokasi file Apk BBM Modif tadi. Pada aplikasi BBM tersebut silahkan anda tekan dan tahan lalu pilih menu ‘optimize&sign’. Tunggu hingga prosesnya selesai ya.
  6. Setelah itu akan tampil Apk.Bak (Biarkan saja aplikasi tersebut).
  7. Kemudian Install master aplikasi BBM Modif yang sudah anda download tersebut.
  8. Apabila proses penginstallan tersebut sudah selesai, maka anda hanya perlu login dengan username serta password akun BBM anda sebelumnya. Dan selamat, Anda baru saja melakukan perubahan Tema Background BBM yang sesuai dengan pilihan Anda.

Demikianlah sedikit tutorial saya mengenai "Cara ampuh merubah tema BBM untuk Android" semoga bermanfaat bagi anda serta dapat di jadikan pembelajaran. Baca juga artikel artikel sebelumnya mengenai android.

Link download ganti tanda "*" dengan tanda "."
  • Apk Editor
    www*dropbox*cum/s/mn8uiq5llabneju/ApkEditor%20v1.70-1*apk
  • BBM Mod Batik
    www*mediafire*com/download/0hrs9rvqj10fb5I/BBM++Batik+v2.1.1.53*apk