Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara ini Mampu Memaksimalkan Koneksi Internet Anda

Spesial-droid.com - Siapa yang tak butuh internet, dari remaja sampai orang tua juga tidak ketinggalan jaman. Banyak sekali manfaat dari adanya internet mulai dari mencari teman hingga mecari pacar, mulai dari belajar hingga mendapatkan pekerjaan sesuai dengan keinginan. 

Namun prmasalahan yang kerapkali terjadi di tanah air ini yaitu keterbatasan jaringan internet yang belum merata dari kota hingga pedesaan.

Mempunyai koneksi internet yang cepat memang idaman bagi semua orang. Namun, tidak sedikit di tanah air tercinta kita ini yang masih menperoleh koneksi lambat dan sangat mahal. 

Berikut ini faktor-faktor yang dapat kalian lakukan untuk mmaksimalkan kecepatan koneksi internet menjadi lebih prima lagi. Berikut 5 cara ini mampu memaksimalkan koneksi internet anda.

1. Manfaatkan Aplikasi Penghemat Kuota


Cara memaksimalkan koneksi internet 1 - Saat ini sudah banyak sekali beredar aplikasi Android yang dapat membantu anda untuk menghemat kuota data serta mampu mempercepat koneksi internet dengan cepat dan mudah.

Salah satunya ialah Opera Max yang bisa kalian manfaatkan untuk kedua poin tersebut atau kalian bisa membaca artikel sebelumnya tentang "Kumpulan Aplikasi Mempercepat Koneksi Internet"

2. Matikan Aplikasi yang Menganggur


Cara memaksimalkan koneksi internet 2 - Perangkat seperti smartphone maupun laptop yang saling berbagi koneksi WiFi tentu saja dapat melambatkan koneksi perangkat yang lain.

Jika kamu sedang tidak menggunakan salah satu perangkat, lebih baik matikan koneksi terhadap WiFi agar tidak menyedot bandwidth secara diam-diam seperti automatic update, cloud storage, dan lain-lain.

3. Reset Modem


Cara memaksimalkan koneksi internet 3 - Memang sih berbagai permasalahan yang terjadi dengan internet kita sering diselesaikan dengan cara memasang dan mencabut kembali modem yang ada sudah ditancapkan.

Selain itu, jika kalian menggunakan router, cara restart perangkat juga sering kali dilakukan hal ini dapat mengembalikan setting default dan mengembalikan koneksi interner yang sempat terputus.

4. Hapus File Cache


Cara memaksimalkan koneksi internet 4 - Cache pada browser juga dapat mempengaruhi koneksi internet kalian, menghapus chace memang sangat membantu dalam mempercepat loading sebuah halaman web.

Namun, ada masalah tersembunyi jika Hard Disk kalian dalam keadaan full dan tidak di-defragmentasi secara berkala.

5. Gunakan jaringan 3G atau WCDMA only


Cara memaksimalkan koneksi internet 5 - cara yang paling powerfull yang bisa dapat memaksimalkan koneksi internet android kalian.

Saat ini ada beberapa layanan jaringan internet yang bisa dipakai untuk android yaitu GPRS, EDGE, 3G, HSPA, dan yang terakhir 4G LTE. Layanan internet trsebut memiliki kecepatan download maupun browsing yang berbeda-beda.

GPRS merupakan jaringan yang paling lambat saat ini. Sedangkan 4G LTE merupakan teknologi baru baru belum lama dirilis tanah air ini dan menjadi populer karena kecepatanya yang super cepat.

Tetapi sayangnya, banyak sekali provider yang masih berbenah untuk memperbaiki dan memperbarui jaringan ke 4G LTE.