Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengirim file media dengan kualitas asli di WhatsApp untuk iPhone

Aplikasihpandroid.com - WhatsApp dapat memungkinkan kamu untuk mengirim foto, musik, video, pesan suara, animasi GIF bahkan dokumen seperti MS Word atau PDF file.

Cara mengirim file media dengan kualitas asli di WhatsApp untuk iPhone
Dalam usahanya untuk menghemat Internet bandwidth, WhatsApp menggunakan kompresi lossy untuk mengurangi ukuran file media, sembari meng-upload ke server mereka.


Jadi, ketika kamu berbagi foto, musik maupun video di WhatsApp, Penerima pesan biasanya mendapat versi kualitas yang lebih rendah dari file aslinya.

Namun, jika kamu seorang pengguna iPhone, solusi berikut akan memungkinkan kamu untuk dapat mengirimkan foto, musik dan video ke kontak WhatsApp dengan kualitas asli.


Teknik kompresi file dokumen Whatsapp


WhatsApp menggunakan teknik kompresi yang berbeda untuk kompres jenis file media, foto, musik (audio) dan video. Tetapi tidak demikian file yang berektensi dokumen.

Jika kita ingin berbagi foto video ataupun musik menggunakan dokumen selanjutnya data tersebut akan di upload server Whatsapp tanpa kompresi apapun. Sehingga penerima bisa mendapatkan file asli dari si pengirim.

Pada iOS, WhatsApp mengimplementasikan berbagi fitur yang menggunakan ekstensi penyedia dokumen. Hal ini memungkinkan kamu untuk memilih file yang disimpan dalam aplikasi penyimpanan file pihak ketiga dan mengirimkannya ke kontak WhatsApp yang kamu kehendaki.

Namun, hanya segelintir apps pada App Store yang menerapkan ekstensi dokumen.
Kembali ke konten


Cara mengirim file media dengan kualitas asli di WhatsApp untuk iPhone


Langkah-langkah di bawah ini menunjukkan bagaimana untuk berbagi foto, musik dan video di WhatsApp, tanpa kehilangan kualitas (lossless transfer), menggunakan app dokumen

#1. Download dan instal aplikasi dokumen dari App Store.

#2. Salin file media yang diinginkan (foto, video atau musik file) yang Anda inginkan untuk di kirim ke kontak WhatsApp kamu ke dokumen aplikasi tersebut.

#3. Buka aplikasi pesan singkat WhatsApp dan pilih nomor penerima dokumen tersebut.

#4. Ketuk ikon '+' di sebelah icon chatting dan pilih dokumen

#5. Cari dokumen yang sudah kamu sisipkan file foto, video, musik pada file manager kamu.

#6. Setelah kamu memilih dokumen, selanjutnya akan dibawa ke halaman percakapan sebelumnya beserta dokumen yang sudah kamu sisipkan foto, musik maupun video.

#7. Selanjutnya kirim pesan seperti biasa

Note : Pemecahan masalah ini hanya bekerja pada versi iOS WhatsApp. Untuk pengguna Android, WhatsApp memiliki kontrol penuh pada perangkat penyimpanan dan membatasi pengguna untuk memilih jenis file tertentu hanya (teks, file PDF) menggunakan opsi dokumen.
Kembali ke konten


Baca Juga : 45+ Fitur Rahasia Whatsapp yang Bisa Membuatmu Jadi 'Ahli WA'

Bagaimana menurut kalian tentang trik Whatsapp mengenai "Cara mengirim file media dengan kualitas asli di WhatsApp untuk iPhone"? Tulis komentar dibawah ini, like dan share jika artikel ini bermanfaat. Terimakasih