Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi Baca Novel Gratis Untuk IOS dan Android

Jalanaplikasi.com - Anda suka membaca novel? Bagi anda yang hobi membaca novel, sekarang ada banyak pilihan aplikasi baca novel gratis yang bisa anda gunakan.

Selain bisa menghemat, koleksi novel yang ada di dalam aplikasi tersebut juga tidak kalah dengan di toko buku. Dan menariknya lagi, beberapa aplikasi juga menyediakan ruang bagi anda yang ingin menjadi penulis novel.

Aplikasi Baca Novel Gratis Untuk IOS dan Android


Jika tulisan anda lolos kurasi, maka novel andapun bisa sekaligus masuk ke dalam salah satu koleksi di aplikasi baca novel gratis tersebut.

Penasaran dengan apa saja pilihan aplikasi yang bisa membuat anda membaca novel secara gratis tersebut? Berikut adalah beberapa aplikasinya.


6 Daftar Aplikasi Membaca Novel Gratis

Untuk anda yang tertarik membaca novel gratis melalui HP, anda bisa menggunakan salah satu dari beberapa pilihan aplikasi berikut ini:


1. Aplikasi Innovel

Innovel adalah aplikasi pertama yang sudah sangat terkenal di kalangan pecinta novel. Di dalam aplikasi ini terdapat ratusan ribu judul novel. Dan mayoritas novel yang ada di dalam aplikasi ini memang adalah novel bergenre romansa.

Jadi jika anda suka dengan novel-novel berbau percintaan, maka tidak ada salahnya untuk mencoba membaca beberapa judul novel di Innovel ini.

Kelebihan aplikasi Innovel:

  • Tersedia baik di OS Android maupun IOS.
  • Khusus untuk OS Android juga tersedia versi Lite.
  • Koleksi novel sangat up to date.

Sayangnya, Innovel ini tidak sepenuhnya gratis. Jadi jika anda ingin membaca beberapa judul novel populer, maka anda mau tidak mau harus membeli koin terlebih dahulu.

Jika anda ingin mencoba cek seberapa bagus koleksi novel di Innovel, anda bisa unduh aplikasinya di Playstore dan App Store. Untuk versi Lite di OS Androidnya, anda bisa unduh di link Playstore ini.


2. Aplikasi Wattpad

Bagi anda yang sudah cukup lama hobi membaca novel, pastinya anda sudah pernah mendengar soal Wattpad bukan?

Wattpad ini sebenarnya tidak bisa masuk kategori aplikasi baca novel gratis sepenuhnya. Hal tersebut karena sebelum berbentuk aplikasi, Wattpad ini hadir terlebih dahulu dalam bentuk website.

Kelebihan aplikasi Wattpad:

  • Selain bisa anda akses melalui aplikasi juga bisa dari website resminya.
  • Tersedia banyak sekali judul novel yang bisa and abaca secara gratis.
  • Memiliki genre novel yang sangat lengkap mulai dari romance hingga horor.

Jika anda belum pernah membaca novel gratis di Wattpad, maka anda bisa mencoba memasang aplikasinya di HP. Anda bisa unduh aplikasi Wattpad tersebut melalui link Playstore ini atau App Store.


3. Aplikasi Good Novel

Jika sebagian besar aplikasi baca novel sekarang mulai menerapkan sistem beli koin, hal tersebut belum begitu dilakukan oleh pengembang aplikasi Good Novel. Oleh sebab itu, anda masih bisa cukup bebas membaca novel gratis menggunakan aplikasi ini.

Meskipun gratis, koleksi novel di aplikasi ini tetap terus diperbarui. Dan bahkan genre novel di Good Novel juga terus bertambah.

Kelebihan aplikasi Good Novel:

  • Belum menerapkan sistem beli koin untuk seluruh koleksi novelnya (saat artikel ini ditulis).
  • Aplikasi baca novel gratis dengan genre lengkap.

Tertarik untuk membaca novel gratis di aplikasi ini? Anda bisa unduh terlebih dahulu aplikasinya di Playstore dan App Store.


4. Aplikasi Joylada

Berbeda dari kebanyakan aplikasi baca novel gratis, Joylada ini mengusung konsep yang lebih unik. Selain bisa membaca novel, anda juga bisa sekaligus bercakap-cakap dengan pengguna aplikasi Joylada lain menggunakan fitur chat.

Dengan adanya fitur chat tersebut, maka pengguna aplikasi Joylada ini bisa bertemu dengan sesama pecinta novel.

Kelebihan aplikasi Joylada:

  • Desain antarmuka aplikasi yang cukup sederhana sehingga mudah untuk digunakan.
  • Ada cukup banyak koleksi novel yang bisa anda baca secara gratis tanpa perlu membeli koin.
  • Menyediakan wadah untuk anda yang suka menulis novel.

Terlepas dari anda tertarik membaca novel gratis ataupun ingin menulis novel, anda bisa unduh terlebih dahulu aplikasi Joylada ini melalui Playstore maupun App Store.


5. Aplikasi Hinovel

Jika aplikasi baca novel gratis lainnya mulai memberlakukan sistem koin untuk membaca beberapa judul novel populer, Hinovel justru melakukan hal yang berbeda.

Di dalam aplikasi Hinovel, anda justru bisa mendapatkan koin setiap kali melakukan beberapa tugas. Dan menariknya, tugas-tugas tersebut bisa terus anda lakukan setiap hari.

Jadi nantinya, koin-koin yang anda dapatkan bisa anda gunakan untuk membaca judul-judul novel populer di Hinovel ini.

Kelebihan aplikasi Hinovel:

  • Sudah memiliki mode malam untuk mengurangi kelelahan mata saat membaca novel.
  • Memiliki fitur rekomendasi sesuai dengan novel-novel yang biasa anda baca.
  • Tersedia banyak judul novel terbaru yang bisa anda baca secara gratis.

Aplikasi Hinovel bisa anda unduh secara gratis melalui link Playstore ini dan juga link App Store ini.


6. Aplikasi Novel Plus

Aplikasi baca novel gratis terakhir yang bisa anda gunakan adalah Novel Plus. Secara garis besar, aplikasi ini tidak berbeda jauh dengan aplikasi lainnya. 

Namun demikian, aplikasi ini masih menyediakan cukup banyak novel yang bisa anda baca tanpa harus membayar dengan koin.Bahkan ada banyak novel populer yang bisa anda baca secara gratis di dalam aplikasi ini.

Kelebihan aplikasi Novel Plus:

  • Aplikasi sangat ringan sehingga cukup nyaman untuk browsing novel.
  • Terdapat fitur untuk mengubah warna layout aplikasi.
  • Menyediakan fitur untuk berinteraksi langsung dengan penulis dan pembaca novel lain.

Untuk anda yang tertarik mencoba menggunakan aplikasi ini, anda bisa unduh aplikasinya di Playstore maupun App Store.

Cukup banyak bukan aplikasi baca novel gratis yang bisa anda dapatkan untuk OS Android dan juga IOS itu? Dari 6 pilihan aplikasi tersebut, manakah yang sudah pernah anda coba gunakan?